Rabu, 11 Oktober 2017 12:56

PBNU Diminta Jadi Saksi Ahli dalam Sudang Uji Materi Perppu Ormas Featured

PBNU Diminta Jadi Saksi Ahli dalam Sudang Uji Materi Perppu Ormas NU

PROKLAMASI.co.id - Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP) meminta perwakilan PBNU untuk menjadi ahli dalam sidang uji materi Perppu Ormas di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Karena sekarang kita sedang menghadapi perppu di MK, kita membutuhkan ahli-ahli dari NU yang menjelaskan bagaimana perppu ini harus didukung karena dia mengamankan Pancasila dan NKRI," ujar koordinator FAPP, I Wayan Sudirta seusai menemui Ketum PBNU Said Aqil Siradj di kantor PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Sudirta mengatakan NU berperan penting menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI. Persatuan di masyarakat, menurutnya, harus tetap dijaga.

"Ada titipan masyarakat agar disampaikan pada ketua umum bahwa di sana-sini sebenarnya masyarakat masih ada rasa waswas terhadap kaum radikalis. Terhadap kaum yang ingin mengganti Pancasila, terhadap kaum yang membawa nilai-nilai lain dari luar yang tidak cocok dengan Pancasila dan NKRI," sambungnya.

Dalam menghadapi sidang Perppu Ormas, sambung Sudirta, FAPP memerlukan 5 ahli. Keterangan ahli diperlukan dalam sidang gugatan atas Perppu Ormas yang diterbitkan pemerintah pada 12 Juli 2017.

Sementara itu, Said Aqil menegaskan NU tetap dalam posisi mendukung Perppu Ormas. Pancasila, menurutnya, tidak boleh lagi dipertentangkan. 

"Menurut saya, sudah tidak boleh lagi didiskusikan bahwa Pancasila apa? Bener apa tidak? Tangkaplah orang seperti itu. (Yang) boleh itu kalau implementasi Pancasila mendalami, menghayati bikin-bikin konsep seperti apa budaya Pancasila, seperti apa demokrasi Pancasila, seperti apa yang harus dilakukan," tutur Said Aqil.