Komnas HAM: Film 'KAAL' Miliki Pesan Kemanusiaan yang Sangat Kuat Featured

Rabu, 05 Juli 2017 19:48
Komnas HAM: Film 'KAAL' Miliki Pesan Kemanusiaan yang Sangat Kuat Komisioner Komnas HAM, Muhammad Nurkhoiron (kiri)

PROKLAMASI.co.id - Komisioner Komnas HAM,  Muhammad Nurkhoiron menilai 'Film Kau Adalah Aku yang Lain’ yang menjadi pemenang lomba film pendek Police Movie Festival IV 2017, mengandung pesan kemanusiaan yang sangat kuat. Hal itu dipandang dari perspektif HAM.

Film tersebut menuai kontroversi. Beberapa pihak membuat kesimpulan yang keliru terkait film tersebut dengan menyebut bahwa film berdurasi 7 menit 41 detik itu menyinggu persoalan SARA. Menurut Nurkhoiron, kontroversi atas sebuah karya merupakan hal yang biasa.

“Kontroversi itu hal biasa. Anggap saja itu iklan. Dari perspektif HAM film itu bagus dan mempunyai pesan kemanusiaan yang kuat. Hal ini mengingat pendidikan tentang nilai-nilai kemanusiaan saat ini masih sangat kurang, bahkan cenderung terabaikan,” kata Nurkhoiron belum lama ini.

Nurkhoiron mendukung penuh film tersebut. Ia tidak setuju film itu dihapus. Karna film karya Anto Galon itu bisa menjadi salah satu sarana pendidikan bagi masyarakat.

"Saya sangat mendukung film itu, karena memiliki pesan nilai kemanusiaan yang kuat disamping merupakan salah satu sarana untuk pendidikan. Justru kalau film itu dicabut (diturunkan dari halaman Facebook) itu adalah langkah mundur,” ujarnya.