Mantan Wakil Presiden Ini Sebut Amien Rais Sebagai Pengkhianat Bangsa Featured

Senin, 25 September 2017 08:07
Mantan Wakil Presiden Ini Sebut Amien Rais Sebagai Pengkhianat Bangsa Tri Sutrisno
PROKLAMASI.co.id - Wakil Presiden keenam Indonesia Try Sutrisno mengungkapkan bahwa dirinya pernah mengingatkan mantan Ketua MPR RI, Amien Rais terkait amandemen UUD 1945 di era reformasi.
 
"Kemarin ada itu, saya tangkap itu, karena itu kita selalu ingatkan Amien Rais waktu amandemen empat kali dan sekarang Amien Rais mengaku salah," ujar Try Sutrisno, saat berpidato dalam acara Silaturahmi Nasional TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.
 
Meski sudah diingatkan, lanjut Try, Amien masih berupaya menenangkannya. Saat dirinya bertemu dengan Amien di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI di akhir tahun 1990an, Ketua Dewan Kehormatan PAN ini menyampaikan kepada Try agar dirinya tak gusar dengan proses amandemen yang dilakukan.
 
"Waktu itu Amien Rais ketemu saya di sini (aula Gatot Soebroto), dia menyampaikan, 'Pakde enggak usah khawatir, enggak usah gelisah karena kita amandemen itu ada kesepakatan MPR-nya," ucap Try dalam sambutannya.
 
Namun kenyataannya, Try hanya menemukan lima kesepakatan dari enam kesepakatan yang sebelumnya dijanjikan Amien Rais akan disertakan dalam amandemen UUD 1945 tersebut.
 
"Waktu itu dia katakan ada enam kesepakatan tapi sekarang yang tertulis di UUD hasil amandemen itu cuma lima," katanya.
 
"NKRI tidak diotak-atik, UUD tetap harus itu, sistem presidensial tetap akan diperkuat, check and balances dipertajam, penjelasan UUD yang objektif akan dijadikan materi dan terakhir ini dilakukan dengan cara adendum," imbuh dia.
 
Kekecewaan Try kepada Amien bertambah karena hasil amandemen tidak dilakukan oleh MPR. Apalagi saat itu Amien merupakan Ketua MPR. Try bahkan menyebut Amien sebagai pengkhianat bangsa karena tak konsisten menerapkan amandemen UUD.
 
"Tetapi setelah terjadi diketok dan empat kali diamandemen itu, kesepakatan semuanya tidak dijalankan oleh MPR sesuai catatan kita. Kalau kata orang Pak Ali Sadikin lebih keras bicara, pengkhianat bangsa ini Amien Rais," kata Try.