Menkumham Ingatkan Peserta CPNS Jangan Tergiur Rayuan Calo Featured

Senin, 09 Oktober 2017 12:41
Menkumham Ingatkan Peserta CPNS Jangan Tergiur Rayuan Calo Menkumham Yasonna Laoly

PROKALAMASI.co.id - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mewanti-wanti para peserta ujian CPNS Kemenkumham untuk tidak percaya dengan rayuan calo yang menjanjikan kelulusan tes. Apalagi sampai menyerahkan sejumlah uang sebagai balas jasa calo tersebut.

"Desas-desus, kabar angin, kabar burung ada yang mau menjadi calo, ada yang menawarkan uang. Saya ingatkan siapapun apa yang mengatasnamakan Menteri, Sekjen, Ketua Panitia, Kakanwil, siapapun keluarga menteri tidak boleh terjadi," kata Yasonna dalam jumpa pers di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Senin (9/10/2017).

Ditegaskan Yasonna, pelaksanaan ujian CPNS Kemenkumham kali ini berjalan transparan dan bersih. Segala proses dipantau melalui sistem komputer yang terhubung dengan jaringan internet sehingga dipastikan tidak ada campur tangan manusia di dalamnya dalam menentukan kelulusan.

"Ini sepanjang saat ini clean by system. Kemenakan saya saja kalah by system. Contoh terbaik reformasi birokrasi. Dari segi kompetensi dasarnya intelektual yang mau kita terima ini sudah cukup baik. Dulu asal dekat Pak Sekjen, dekat Pak Menteri bisa masuk CPNS, sekarang enggak bisa, betul-betul by system," ujar Yasonna.

Dalam kesempatan ini, Yasonna juga melakukan teleconference dengan sejumlah Kantor Wilayah di berbagai daerah. Ia juga berpesan kepada para Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) untuk menyebarkan pengumuman terkait calo CPNS Kemenkumham.

"Periksa anggotamu, paparkan Instruksi Menteri di tempat terbuka di kantor saudara. Buat pengumuman hati-hati dengan calo, itu enggak ada karena semua by system dan transparan," kata Yasonna.