Panglima TNI Diminta Tak Asal Umbar Informasi Featured

Senin, 25 September 2017 15:38
Panglima TNI Diminta Tak Asal Umbar Informasi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

PROKLAMASI.co.id - Anggota Komisi I DPR Andreas Hugo Pareira mengatakan pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo soal adanya lembaga nonmiliter memesan 5.000 pucu senjata seharusnya disampaikan ke instansi terkait. Sebab menurutnya, informasi tersebut merupakan data intelijen.

"Sebenarnya bukan dalam kapasitas beliau menyampaikan hal tersebut kepada pihak lain, selain kepada user dari informasi itu sendiri, yaitu presiden. Kalau informasi itu berasal dari intelijen seharusnya kan disampaikan kepada Presiden," ujar Andreas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/9/2017).

Ia berharap, Gatot bisa belajar dari peristiwa ini dan tidak mengulanginya. Sebagai seorang pejabat, lanjut Andreas, semestinya harus memperhatikan betul soal prosedur dan etika dalam berkomunikasi.

Ia juga mengatakan, sebagai seorang pejabat negara, Panglima TNI semestinya tidak asal mengumbar informasi.

"Dalam hal ini kita melihat sebagai pemimpin harus berhati-hati dalam berbicara dan menyampaikan informasi kepada publik. Karena yang disampaikan itu kan menjadi simpang siur. Menjadi polemik yang tidak produktif," ujar politisi PDI-P itu.