Panglima TNI: Pengubah Pancasila Pengkhianat Bangsa Featured

Rabu, 23 Agustus 2017 08:51
Panglima TNI: Pengubah Pancasila Pengkhianat Bangsa Panglima TNI Gatot Nurmantyo
PROKLAMASI.co.id - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan Pancasila sebagai dasar negara sudah final. Pancasila harus terus digelorakan dan dijalankan sebaik mungkin dalam menjaga keberagaman dan kebinekaan.
 
"Kita yang hadir di sini sebagai penikmat kemerdekaan agar dapat mewarisi nilai dan semangat kemerdekaan para pejuang bangsa. Kita tegaskan bahwa Pancasila sudah final sebagai dasar negara, maka mereka yang mengubah Pancasila, dia ialah pengkhianat bangsa." tegas Gatot.
 
Ia menegaskan kebinekaan dan kemajemukan mesti dirawat bersama dengan memegang teguh Pancasila dan NKRI. Nilai-nilai Pancasila mempersatukan elemen seluruh bangsa yang beraneka ragam suku, budaya, bahasa, dan agama.
 
Dalam kesempatan terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengajak tokoh agama, budayawan, dan akademisi untuk menemukan metode efektif dalam penyebaran nilai-nilai Pancasila. Begitu juga semangat kebangsaaan serta menggali ulang fondasi teologis, filosofis, historis, politis, dan fondasi yuridis tentang Pancasila di tengah era generasi melenial.
 
"Mayoritas penduduk kita ialah anak muda. Kita harus menemukan metode yang efektif di era milenial, berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Mereka generasi tweet, generasi yang menyukai gambar dan video, bukan generasi teks," kata Pratikno di Yogyakarta, Sabtu 19 Agustus 2017.
 
Menurut Pratikno, menanamkan nilai-nilai Pancasila tidak cukup lewat pendidikan, kursus, dan media massa. Sebab, jumlah informasi yang masuk ke generasi muda cukup masif di era digital.
 
"Kita harus bisa memproduksi konten yang positif dengan metode yang lebih baik. Saya pikir perlu ditopang oleh anak-anak muda yang berkiprah di industri kreatif," ucap dia.