Proyeknya Sering Makan Korban, Massa KCB Gelar Ruwatan di Kantor Waskita Karya Featured

Selasa, 20 Maret 2018 17:09
Proyeknya Sering Makan Korban, Massa KCB Gelar Ruwatan di Kantor Waskita Karya Aksi ruwatan di Kantor Waskita Karya oleh sekelompok massa dari Komunitas Cinta Bangsa (KCB)
PROKALAMASI.co.id - Sekelompok massa dari Komunitas Cinta Bangsa (KCB) mendatangi Kantor Waskita Karya di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (20/3/2018).
 
Kedatangan massa KCB ke Kantor Waskita Karya bertujuan untuk melakukan aksi ruwatan (upacara membebaskan orang dari nasib buruk yang akan menimpa) sebagai bentuk protes atas banyaknya kecelakaan kerja yang belakangan terjadi di proyek-proyek pemerintah yang ditangani Waskita.
 
Waskita dinilai tidak memperhatikan keamanan kerja sehingga mengakibatkan terjadinya kecelakaan.
 
Ketua Komunitas Cinta Bangsa (KCB), Imam Rahmatullah menyebutkan sejumlah proyek Waskita yang telah memakan korban, misalnya proyek Bocimi yang menewaskan satu orang pekerja, Proyek toll Becakayu yang mencelakakan 7 orang, dan yang terakhir adalah jatuhnya tiang besi di Pasar Rumput yang menimpa warga pada Minggu (18/3/2018).
 
"Banyak proyek pengerjaan toll Waskita yang berakhir celaka, ini harus dicurigai bahwa pengerjaannya ada unsur kelalaian dan asal-asalan, kejadian ini harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah khususnya pihak yang berwajib agar mendalami apa motif di balik petaka yang terjadi ini," kata Imam.
 
Dalam aksi tersebut, massa membawa menyan, kopi dan buah-buahan untuk ritual ruwatan.
 
Setelah melakukan doa, mereka melakukan aksi pemandian seorang demonstran dengan air kembang sebagai simbolis menghilangkan sial untuk pihak Waskita.
 
"Pemandian ini sebagai simbolis untuk menghilangkan sial di pihak Waskita," ujar Imam.