Senin, 09 Oktober 2017 13:22

Jokowi Ingatkan Polri Netral pada Pilkada 2018 Featured

Jokowi Ingatkan Polri Netral pada Pilkada 2018 Apel Kasatwil Polri 2017
PROKLAMASI.co.id - Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Apel Kepala Satuan Wilayah (Apel Kasatwil) Polri tahun 2017, di Semarang, Jawa Tengah, Senin (9/2/2017).
 
Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan Kepolisian RI untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018.
 
"Saya titip pesan yang namanya Polri itu harus netral. Dalam setiap kontestasi politik baik yang ada di provinsi, kabupaten, kota untuk Pilkada 2018," kata Jokow.
 
Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, kunci sukses Pilkada adalah solidnya TNI-Polri dalam melakukan pengawasan dan pengamanan pesta demokrasi tersebut.
 
"Saya meyakini di setiap pilkada gubernur, bupati/kota. Kalau saya, kuncinya hanya satu asal dilihat oleh masyarakat, asal dilihat kontestan-kontestan, kandidat yang ada dan pendukungnya, dilihat TNI dan polri itu solid, sudah rampung," ujar Jokowi. 
 
Hal ini dilihatnya berdasarkan pengalaman Jokowi sendiri ketika bertarung dalam Pilkada Solo dan Pilkada DKI Jakarta.  
 
"Kuncinya ada di situ dari pengalaman saya ikut-ikut Pilkada. Kuncinya ada di situ," ujar mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu.
 
Sebab itu, Jokowi mengingatkan jajaran Polri agar tidak terjun dalam politik praktis. Sebab, politik Polri adalah politik negara.
 
"Semuanya harus loyal dan setia kepada negara, kepada rakyat, kepada pimpinan. Kalau itu kita kerjakan selesai, enggak ada lah yang berani macam-macam, yang berani main-main, saya meyakini itu," kata Jokowi.