Senin, 04 September 2017 10:13

Benarkah Jonru Dijual di OLX? Featured

PROKLAMASI.co.id - Sebuah Fanspage Facebook bernama Catetan MAZ TONI Aka Tante Paku memposting sebuah gambar seperti hasil screenshoot yang mirip dengan laman jual beli barang bekas "OLX". Namun, ada yang menggelitik dalam postingan tersebut. Pasalnya, dalam screenshoot tersebut ada foto Jonru yang dijual pada kategori hewan.

Jonru selama ini oleh sebagian warganet dianggap sebagai sosok yang kerap menyebarkan fitnah dan berita-berita hoax. Sasaran Jonru selama ini adalah pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo.

Jonru dalam screenshoot tersebut diberi judul, "Dihibahkan, manusia ga berguna tukang fitnah dan penebar kebencian".

Kalau barang-barang lain di OLX diberi harga sesuai yang diinginkan si penjual, namun Jonru kali ini justru Rp 0 tanpa nego alias diberikan secara gratis.

Kami berusaha mencari kebenaran postingan tersebut di laman resmi OLX. Namun, tak ditemukan iklan penjualan Jonru. Bisa dipastikan postingan tersebut hanyalah sebagai bahan bercanda atau untuk mengungkapkan kekesalan wargabet terhadap Jonru yang dianggap kerap menyebarkan hoax dan fitnah.

Diketahui, nama Jonru belakangan ini kembali menjadi perbincangan publik setelah tampil dalam acara Indonesia Lawyers Club dengan tema "Halal-Haram Saracen pada 29 Agustus 2017.

Dalam kesempatan itu, polikus Partai NasDem, Akbar Faizal bertanya kepada Jonru soal kebenaran postingannya yang mengatakan bahwa orang tua presiden jokowi tidak jelas. Pertanyaan Akbar langsung dijawab "Iya" oleh Jonru tanpa sadar bahwa disampingnya duduk seorang perwira Polri yang juga hadir dalam acara tersebut.

Begitu mendengar jawaban Jonru, Akbar Faisal pun langsung menyarankan Polisi agar menindaklanjuti “pengakuan” Jonru yang telah melakukan Penghinaan terhadap pak Jokowi. Jonru Ginting dengan gelagapan mencoba mengelak dengan mengatakan bahwa Postingannya bukan merupakan “Hate Speech”.